Proses Wawancara

english
meeting Standard baku proses sebuah wawancara dewasa ini sangat berbeda
dibandingkan beberapa tahun lalu:

  • Proses lebih lama. Para pelamar paling tidak mesti melewati tiga tahapan wawancara atau mungkin lebih sebelum sampai pada tahap dealing.
  • Melibatkan lebih banyak pewawancara. Proses wawancara dewasa ini lebih cenderung ditentukan oleh sejumlah orang (dua atau lebih), berupa sebuah panel pewawancara ketimbang oleh satu orang penentu.

  • Fokus lebih diarahkan pada kepribadian. Saat ini, fokus sebuah wawancara lebih dititik beratkan pada motivasi dan kualitas kepribadian ketimbang pada skill dan pengalaman. Bersiaplah untuk pertanyaan-pertanyaan yang terbuka dan sulit.
  • Sebuah wawancara bisa jadi semacam test ketahanan mental. Kecendrungan terbaru yang sering diterapkan pada sebuah wawancara adalah menjadikannya semacam test menyeluruh bagi sang kandidat. Mampukah ia menghandle stress? Mampukah ia terus menerus dikritik?
  • Selalu banyak peluang di berbagai level. Mental “orang upahan” kini tak lagi diinginkan di banyak perusahaan. Keluar masuk pegawai baru sudah menjadi hal biasa, bahkan pada level-level senior. Pegawai tak lagi beranggapan bahwa seorang bos akan terus-terusan menjadi bos, melainkan hanya selama ia berada di situ saja. Karena itulah, selalu tersedia banyak posisi di berbagai bagian dan level.

TIPS: Persiapkan PR anda! Sebagai akibat dari ledakan informasi, perusahaan-perusahaan besar selalu mengharapkan para pelamar harus lebih canggih, dan memiliki pengetahuan yang lebih luas, serta lebih memahami berbagai tuntutan.
  • Lebih banyak persaingan. Karena tingginya angka pergantian pegawai, maka surat lamaran masuk setiap waktu, bahkan untuk posisi-posisi yang rawan dan menuntut tanggungjawab lebih besar dibanding yang pernah dituntut bagi posisi-posisi tersebut di masa lalu.

Persiapan adalah kata kuncinya

Perusahaan berharap para pelamar kini lebih siap menghadapi wawancara—siap menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit dan siap untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang sulit itu sendiri. Duduk pasif di dalam sebuah wawancara tak kan pernah mendatangkan sukses. Banyak hal yang mesti anda siapkan, dan saat interview dilakukan, anda hanya memiliki dua pilihan:

  • Anda bete dan stres.
  • Atau, Anda siap dan bisa pegang kendali.

TIPS: Bersiaplah lebih awal. Jangan menunggu sampai ketika interview akan dimulai, anda baru menyiapkannya. Persiapkan wawancara anda seawal mungkin bahkan ketika anda mulai memburu iklan lowongan. Siapkan waktu untuk kesiapan secara menyeluruh.

About these ads


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: